Majelis RUBATH DAARUL MUKHTAR

From Wiki Aswaja NU
Share/Save/Bookmark
Jump to: navigation, search

Pendiri dan Pengasuh

Majelis didirikan pada tanggal 10 Januari 2003 oleh Almarhum Haji Mukhtar. Pada waktu itu jumlah jamaahnya hanya beberapa orang saja namun seiring dengan jalannya waktu, makin lama jumlah jamaah semakin banyak bahkan gedung Majelis Ta’lim yang dibangun pun tidak mampu menampung jumlah jamaah yang hadir. Setelah Haji Mukhtar meninggal pada tahun 2005 kepemimpinan Majelis dipercayakan kepada putranya Ustadz Haji Imam Mustofa Mukhtar sekaligus sebagai pengajar hingga saat ini. Majelis Ta'lim & Rubath Daarul Mukhtar menyelenggarakan pengajian rutinnya setiap jum’at pagi mulai pukul 05.30 sampai 07.30 yang dihadiri bukan hanya dihadiri oleh kalangan awam, akan tetapi juga oleh para Habaib dan para Azatidz. Bahkan ada juga jamaah yang tinggal di Citayem, Depok, Cibitung, Kebun Jeruk hadir pada pengajian tersebut.

Pendidikan

Awal pendidikan yang di tempuh di Madrasah Tsaqofah Islamiyah yang diasuh oleh Habib Abdurahamn bin Ahmad Assegaf selepas belajar dari Madrasah Tsaqofah Islamiyah beliau belajar ke Ribath Al Jufri Madinah di bawah bimbingan Habib Zein bin Ibrahim bin Smith. Beliau juga menghadiri beberapa majelis tabarruk yang dipimpin oleh para ulama besar disekitar Makkah, Madinah, Jeddah dan Yaman diantaranya kepada :

  • Al-Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf (Jeddah)
  • Al-Habib Muhammad bin Ahmad Asy Syatiry (Jeddah)
  • Al-Habib Hasan bin Abdullah bin Umar Asy Syatiry (Tarim)
  • Al-Habib Salim bin Abdullah bin Umar Asy Syatiry (Tarim)
  • Al-Habib Prof.DR. Muhammad Alwi al-Maliky (Makkah)
  • Al-Habib Muhammad Rosyad Al-Baiti (Jeddah)
  • Al-Habib Muhammad bin Adullah Al-Haddar (Yaman)
  • Al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz
  • dll

Dan beliau juga menghadiri majelis-majelis yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Dakwah

Selepas belajar dari Ribath Madinah sekitar tahun 2002 ia langsung mengajar di Majelis Ta'lim Habib Muhammad bin Abdurrahman Assegaf. Mulai dari situ beliau berdakwah kemana-mana, tidak saja dari kampung ke kampung tapi juga ke beberapa instansi Pemerintah maupun swasta.

Selain itu juga ia juga membimbing Majlis Talim & Rubath Daarul Mukhtar yang didirikan oleh abah nya tiap jum’at subuh dengan kajian kitab Fathul ilah (karya Habib Muhammad bin Husein Al-Habsyi, mufti syafi’iyah di Makkah) Khulashah Nur Al-Yaqin fi Sirah Sayid Al Mursalin (sejarah), tafsir, akhlak dan tasawuf. Adapun Agenda kegiatan khusus adalah Haul IMAM SYAFI’I yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Sumber : http://www.daarulmukhtar.org/